Senin, 15 Oktober 2012

Kajian Drama: Kejahatan Membalas Dendam


Kajian Drama
Kejahatan Membalas Dendam Karya Idrus

Sri Maryani, S.Pd.


PENDAHULUAN

1.    Latar Belakang
            Di dalam sastra ada sebuah hubungan yang sangat erat antara apresiasi, kajian dan kritik sastra karena ketiganya merupakan tenggapan terhadap karya sastra.
            Saat pembaca sudah mampu mengapresiasi sastra, pembaca mempunyai kesempatan untuk mengkaji sastra. namun, hal ini tak sekadar mengkaji. Karena mengkaji telah menuntut adanya keilmiahan. Yaitu adanya teori atau pengetahuan yang dimiliki tentang sebuah karya. Saat Apresiasi merupakan tindakan menggauli karya sastra, maka mengkaji ialah tindakan menganalisis yang membutuhkan ilmu atau teori yang melandasinya. tentang penjelasan mengkaji seperti yang diungkapkan oleh Aminudin (1995:39) kajian (sastra) adalah kegiatan mempelajari unsur-unsur dan hubungan antarunsur dalam karya sastra dengan bertolak dari pendekatan, teori, dan cara kerja tertentu.
            Dengan adanya kajian drama inilah, peminat sastra melakukan analisis yaitu membedah karya-karya yang dibacanya. Sehingga unsur-unsur yang menyusun drama tersebut dapat diketahui. Juga rangkaian hikmah yang ada di dalamnya. Apakah ada kecenderungan penyingkapan realitas sosial oleh sang pengarang? ataukah ada hal-hal lain yang bisa pengkaji sastra temukan dari kajian tersebut? hal ini bisa dianalisis dengan beberapa pendekatan. karena kajian sastra memiliki berbagai pendekatan. pendekatan-pendekatan itu ialah Objektif (struktural dan struktural semiotik), mimesis (sosiologi sastra), ekspresif (hermeuneutik), pragmatik (resepsi sastra & intertekstual), posmodernisme (dekonstruksi, poskolonial, studi kultural, dan feminisme)
            Dalam makalah ini akan dilakukan pengkajian drama yaitu penulis akan mengkaji naskah drama yang berjudul kejahatan membalas dendam karya idrus yang di ambil dari karyanya ”Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma” yang diterbitkan oleh Balai Pustaka.


2. Rumusan Masalah
            Dari latar belakang di atas dapat kita simpulkan beberapa pertanyaan yang akan di bahas dalam makalah ini yaitu:
  1. Sebutkan dan jelaskan pendekatan-pendekatan dalam pengkajian karya sastra?
  2. Analisi ”kejahatan membalas dendam” melalui pendekatan sosiologi
  3. Apa isi analisis dari naskah berjudul kejahatan membalas dendam?
  4. Bagaimana bentuk skema dari kajian tersebut?

3. Landasan Teori
            Penulis akan menganalisi atau mengkaji “kejahatan membalas dendam” dengan menggunakan pendekatan sosiologi karya sastra.

            Kajian (sastra) adalah kegiatan mempelajari unsur-unsur dan hubungan antarunsur dalam karya sastra dengan bertolak dari pendekatan, teori, dan cara kerja tertentu (Aminuddin, 1995:39).

            Drama adalah ragam satra dalam bentuk dialog yang dimaksudkan untuk dipertujukkan di atas pentas (Zaidan, 2000). 

          Talha Bachmid (1990:1-16), seorang doktor dalam bidang kajian drama, mengutip pendapat Patrice Pavis bahwa drama memiliki konvensi dan kaidah umum, yang dapat dikelompokkan ke dalam dua kelompok besar. Yang pertama berhubungan dengan kaidah bentuk, seperti unsur alur dan pengaluran, tokoh dan penokohan, latar ruang dan waktu, dan perlengkapan. Yang kedua berkaitan dengan konvensi stilistika atau bahasa dramatik.

            Sosiologi sastra merupakan pendekatan yang bertolak dari orientasi kepada semesta (universe), namun bisa juga bertolak dari orientasi kepada pengarang dan pembaca.
            Wellek dan Warren (1993: 111) membagi telaah sosiologis menjadi tiga klasifikasi yaitu:

a. Sosiologi pengarang: yakni yang mempermasalahkan tentang status sosial, ideologi politik, dan lain-lain yang menyangkut diri pengarang.

b. Sosiologi karya sastra: yakni mempermasalahkan tentang suatu karya sastra; yang menjadi pokok telaah adalah tentang apa yang tersirat dalam karya sastra tersebut dan apa tujuan atau amanat yang hendak disampaikannya;

c. Sosiologi sastra: yang mempermasalahkan tentang pembaca dan pengaruh sosialnya terhadap masyarakat.
  
PEMBAHASAN
1. Kajian Drama dan Pendekatan
            Drama merupakan salah satu genre sastra. Menurut definisi, drama adalah ragam satra dalam bentuk dialog yang dimaksudkan untuk dipertujukkan di atas pentas (Zaidan, 2000).
            Drama memiliki bentuk sendiri. saat puisi kebanyakan berbentuk monolog dan novel atau cerpen perpaduan dialog dan monolog, maka drama drama merupakan karya sastra berupa dialog. Dengan, melihat naskah pun pembaca akan mengetahui bahwa karya tersebut adalah drama.
            Pada kesempatan ini, penulis akan mengkaji atau menganalisis sebuah drama yang berjudul ”Kejahatan membalas dendam” karya Idrus dari bukunya yang berjudul ”Dari Ave maria ke Jalan lain ke Roma” yang diterbitkan Balai Pustaka.
            Dalam mengkaji ”Kejahatan membalas dendam” penulis akan menggunakan pendekatan sosiologi sastra yaitu mengaitkan drama ini dengan realitas yang terjadi pada saat naskah ini dibuat.

2. Sinopsis ”Kejahatan membalas Dendam”
            Seorang pengarang muda yang bernama Ishak mempunyai pacar atau tunangan yang bernama Satilawati. Namun, kisah cinta mereka sempat terputus. Yang menjadi sebab pertama ialah Ishak sang pengarang muda mengalami depresi hebat. Dia menganggap dirinya sendiri gila. Hal ini diakibatkan pula karena Ishak dipengaruhi oleh temannya Kartili yaitu seorang Dokter yang selalu mengatakan bahwa Kartili mempunyai leluhur yang gila. Selain itu Kartili sering menceritakan bahwa karya-karya Ishak tidak baik sehingga selalu menorehkan kecaman dari berbagai orang. Selain tiu, tekanan yang dialami Ishak diakibatkan juga oleh ayahnya Satilawati yang bernama Suksoro yaitu seorang pengarang kolot. yang, mana ia sangat mengecam karya-karya ishak yang keluar dari jalur kepengarangan sebelumnya. Ishak dianggap menyalahi keberterimaan karya sastra pada saat itu dan dianggap telah melangkahi para penyair kolot. Hal ini berdampak pada hubungan Ishak dan satilawati yangditentang keras oleh Suksoro. Namun, meskipun begitu ada teman Ishak yang membantu menyatukan kembali Ishak dan Satilawati yaitu Asmadiputera. Selain Asmadiputera, ada juga perempuan tua yaitu neneknya Satilawati seorang dukun yang diutus oleh Suksoro untuk menjauhkan Ishak dan satilawati, namun justru nanti akan mendukung kisah cinta Ishak dan satilawati. Di akhir cerita akan ketahuan rupa-rupa kejahatan yang dimunculkan oleh Kartili—seorang dokter sekaligus teman Ishak yang ternyata juga menaruh hati pada satilawati. ia menjalankan berbagai makar untuk memisahkan keduanya. Salah satunya dengan memberikan obat dan merasuki pikiran ishak sehingga ishak semakin depresi. Di akhir cerita pula akan ketahuan sebuah kedok bahwa Kartili telah bekeluarga dan ia pun sering mencatut (korupsi) obat-obatan.  Di akhir cerita Kartili—sang penjahat— menjadi gila. dan, kejahatan memang membalas dendam.

3. Realitas di Dalam Karya
            Kejahatan Membalas Dendam menyingkap sebuah realitas pada saat karya ini dibuat yaitu adanya sebuah perbedaan yang terjadi antara para penyair pendahulu dan penyair muda. Para penyair tua yang digambarkan Idrus menjadi sosok Suksoro tetap berkeras pada aturan kesastraan/kepenulisan yang mereka pegang. Sedangkan pengarang muda menginginkan sesuatu yang baru yang bisa mengekspresikan jiwa mereka. Selain itu ada penyingkapanrealitas lainnya yang diungkap di drama ini. Ternyata korupsi memang telah terjadi sejak zaman dahulu. Dalam drama ini ditunjukkan dengan ’tragedi’ yaitu terbongkarnya kejahatan Kartili yang suka mencatut obat. Selain itu, keadaan sosial pada saat itu pun berusaha dimunculkan dengan adanya beberapa istilah asing seperti Meester in de rechten. Mendengar kata itu, pembaca akan mendapat kesan nuansa kebelanda-belandaan. Mungkin ini mewakili nuansa realitas pada saat itu.

 4. Skema Aktan dan Model Fungsional

            4.1 Skema Aktan
            Berikut ini adalah skema aktan dari drama yang berjudul ”Kejahatan Membalas Dendam”






PENGIRIM
Rasa cinta terhadap Sartili dan keteguhan dalam berkarya (kepengarangan)

è

OBJEK
Satilawati
è
PENERIMA
Ishak


é






PENOLONG/
PEMBANTU
Asmadiputera
Perempuan tua

è

SUBJEK

Ishak
ç
PENENTANG/
PENGHAMBAT
Kartili
Suksoro
Diri sendiri
Model Fungsional

SITUASI AWAL
TRANSFORMASI
SITUASI AKHIR
TAHAP UJI KECAKAPAN
TAHAP UTAMA
TAHAP KEBERHASILAN
Ishak mencintai Satilawati. Namun, mereka harus terpisah beberapa waktu karena Ishak sengaja menghilang. Ishak depresi dengan berbagai keadaan yang menimpanya.
Kartili terus menekan Ishak sehingga ishak semakin depresi. Suksoro (Ayah satilawati) tidak menyetujui hubungan putrinya dengan Ishak. karena, ishak sebagai pengarang muda dianggap berseberangan dengan Suksoro yang pengarang kolot.
Asmadiputera (teman Ishak) selalu membantu ishak untuk bangkit kembali dan agar mendapatkan satilawati dan juga menumbuhkan karir kepengarangannya.
Ishak tahu bahwa kartili sesungguhnya telah jahat padanya. Ishak sengaja dibuat gila. Karena Kartili ingin mendapatkan Satilawati.
Suksoro insyaf. meskipun pengarang tua dan pengarang muda mempunyai idealisme berseberangan. Mereka bisa saling melengkapi. Apalagi pada saat itu karangan para pemuda realistis dan menginginkan sebuah kebebasan berkarya dan kemerdekaan bangsa.
Buku ishak yang dicekal untuk diterbitkan akhirnya akan diusahakan untuk diterbitkan. dan, kesempatannya untuk merajut cinta dengan Satilawati mulai terbuka kembali. Karena tuan suksoro telah insyaf.


            Kejahatan membalas dendam menjadi inspirasi kepengarangan pada saat itu. Juga tentang nilai-nilai realitas yang berusaha disampaikan pengarang. Mulai dari konflik percintaan, perselisihan tua-muda di dalam kepengarangan, kebebasan dalam berkarya, sampai pada keinginan untuk membebaskan negara dari penjajahan. Ada juga nada-nada sindiran semisal mencatut (korupsi) yang begitu menggelitik. Drama ini penuh hikmah yang bisa diambil.


PENUTUP
  1. Simpulan
            Drama adalah ragam sastra dalam bentuk dialog yang dimaksudkan untuk dipertujukkan di atas pentas. ada tiga bentuk kegiatan dalam menanggapi karya yaitu mengapresiasi, mengkaji, dan mengkritik. kajian (sastra) adalah kegiatan mempelajari unsur-unsur dan hubungan antarunsur dalam karya sastra dengan bertolak dari pendekatan, teori, dan cara kerja tertentu. Dan salah satu pendekatan dalam mengkaji sastra ialah pendekatan sosiologi. Di dalam pendekatan sosiologi terdapatan pendekatan sosiologi karya sastra yaitu mempermasalahkan tentang suatu karya sastra; yang menjadi pokok telaah adalah tentang apa yang tersirat dalam karya sastra tersebut dan apa tujuan atau amanat yang hendak disampaikannya. Drama berjudul ”Kejahatan Membalas dendam” bisa dikaji menggunakan pendekatan sosiologi. Dan, pengkaji bisa mengetahui realitas yang terdapat di dalam karya tersebut.

  1. Saran
      Beberapa saran yang terhimpuna saat menulis makalah ini yaitu:
  1. Pembaca sastra senantiasa memperbanyak membaca karya sastra.
  2. Pembaca sastra dalam mengkaji sastra harus dilengkapi teori atau referensi yang mapan.
  3. Pembaca harus selalu meningkatkan kecintaan kepada karya sastra.
 
DAFTAR PUSTAKA

Drs. Sumiyadi, M.Hum. Bahan Kajian Drama Indonesia.                
Februana, Ngarto. Skripsi Ngarto. http://www.geocities.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar